Blog informasi Jual Beli Besi dan Harga Bahan Bangunan di Surabaya

Memilih Brankas atau Lemari Besi untuk Menyimpan Investasi


economy.okezone.com - Brankas atau Lemari besi merupakan salah satu wadah yang aman untuk menyimpan investasi yang Anda miliki. Namun dalam memilih Brankas atau lemari besi harus mempertimbangkan beberapa faktor penting.

Masyarakat awam mengenal lemari besi atau brankas sebagai kotak yang terbuat dari besi atau plat dan dilengkapi dengan kunci kombinasi yang berfungsi untuk menyimpan uang atau barang berharga lainnya.

Umumnya, semua lemari besi yang tersedia di pasar dianggap relatif sama, baik dari segi fisik maupun tingkat proteksi seperti ketahanan bongkar dan ketahanan terhadap api.

Pada kenyataannya, setiap lemari besi memiliki tingkat proteksi berbeda yang harus melewati pengujian tersertifikasi dengan standar internasional.

Menurut Country Manager Gunnebo Indonesia Hindra Kurniawan, pemegang lisensi merek Chubbsafes pengetahuan masyarakat mengenai lemari besi perlu ditingkatkan, agar dapat mengidentifikasi lemari besi yang tepat sesuai dengan spesifikasi.

"Masyarakat perlu mengetahui tingkat proteksi yang dibutuhkan, sehingga memperoleh keamanan yang maksimal," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta.

Sebagai penyedia jasa keamanan, Hindra pun memberikan tips cara memilih Brankas atau lemari besi yang tepat.

  1. Perhatikan jenis barang yang akan disimpan, ukuran.
  2. Pertimbangkan kebutuhan proteksi, apakah membutuhkan tahan bongkar saja atau tahan api saja atau keduanya.
  3. Tentukan lokasi penyimpanan
  4. Pilih produk lemari besi yang memiliki sertifikasi jaminan kualitas serta layanan purna jual.
  5. Untuk mengetahui sertifikasi lemari besi bisa dilihat pada label sertifikasi yang biasanya terletak di balik pintu atau bagian dalam samping laci pertama.

Sementara itu, untuk mengetahui tingkat proteksi lemari besi tahan bongkar ditentukan oleh grading. Semakin tinggi grade maka semakin lama waktu yang diperlukan untuk membongkarnya. Sehingga semakin besar kemungkinan untuk terdeteksi.

Secara keseluruhan, lemari besi tahan bongkar terdiri dari enam grade, yaitu 1-6. Sedangkan tingkat proteksi lemari besi tahan api ditentukan oleh kemampuannya menahan api selama 60 menit dan 120 menit dengan pengujian dilakukan di atas tungku api dengan suhu 1.000C konstan selama dua jam.

sumber : http://economy.okezone.com

0 Komentar untuk "Memilih Brankas atau Lemari Besi untuk Menyimpan Investasi"

Back to top